Jasa Pengurusan SLF – –

Jasa Perizinan IMB Jakarta Konsultasi dan Jasa Pengurusan IPB, KMB/SLF – – Jasa Perizinan IMB Jakarta 0812 818 29344 Jasa Pengurusan Sertifikat laik Fungsi SLF 2017-2018 di Jakarta Bekasi Tangerang PT. Strata Konsultan Indonesia – – Strata Title – SLF – Authorization Terjual Jasa Pengurusan SLF JASA PENGURUSAN SLF Jasa Konsultan Sertifikat Laik Fungsi Panduan Mudah Mengurus Sertifikat Laik Fungsi KAMI ADALAH PERUSAHAAN YANG BERGERAK DALAM BIDANG USAHA JASA AR 103: JASA IZIN BANGUNAN IMB SLF Konsultan SLF Imb Jasa Sertifikat Laik Fungsi Bangunan di Yogyakarta Sertifikat Laik Fungsi Pengurusan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Surabaya Dijamin Gratis – – Suara Surabaya

syarat pengurusan slf

Dengan kata lain, tanpa adalah Sertifikat Laik Fungsi (SLF), maka sebuah bangunan bisa dinyatakan tidak lawful. Selain itu, segala hal yang berhubungan dengan bangunan tersebut juga kana dipersulit karena jika belum memiliki SLF. Sebelum masa berlaku SLF habis, maka harus pemilik atau pengguna bangunan harus mengajukan permohonan untuk perpanjangan SLF.

SLF diterbitkan dengan masa berlaku 5 Tahun untuk bangunan umum dan 10 Tahun untuk bangunan rumah tinggal. PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA NOMOR 27/PRT/M/ 2018 TENTANG SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG. Investasi properti berupa system apartemen atau rumah untuk tempat tinggal memang banyak diminati saat ini. Bergelut dengan persoalan dan bisnis properti membuat kamu harus belajar betapa rumitnya proses perizinan dan sertifikasi bangunan gedung. Namun, masyarakat sebagai konsumen justru masih minim informasi terkait masalah Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

JASA PENGURUSAN SLF.

Ketika melakukan perpanjangan, maka harus menyertakan laporan hasil pengkajian bangunan gedung yang harus dibuat oleh pengkaji yang memiliki Izin Pelaku Teknis Bangunan/ IPTB. Pemeriksaan bangunan atau gedung secara berkala harus dilakukan oleh pemilik dan/atau pengguna bangunan gedung atau menggunakan penyedia jasa pengkajian teknis bangunan gedung bersertifikat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Ketika akan memulai pekerjaan atau proyek pembangunan perumahan, pengembang (designer) wajib memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pemda setempat. Setelah bangunan selesai dibangun dan sebelum diserahkan kepada pembelinya, maka harus ada Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang perlu pengembang (developer) dapatkan dari pemda setempat.

  • Pemeriksaan kelengkapan adalah pemeriksaan dokumen pelaksanaan pekerjaan dengan memeriksa ada atau tidak lengkapnya dokumen berdasarkan standar hasil karya perencanaan dan kebutuhan untuk pelaksanaannya.
  • Dokumen SLF dibutuhkan untuk perumahan murah bersubsidi sebagai acuan perbankan dalam menyalurkan kreditnya.
  • Untuk bangunan gedung di atas 8 lantai dan/atau di atas 5,000 meter persegi (m2), pengembang perlu menyerahkan bukti pemenuhan kewajiban dari pengembang ke kota berupa fasilitas umum dan fasilitas sosial (fasum fasos) sebelum mengurus SLF.
  • Selain itu, lapisan dalam tanah terkadang tidak seragam, sehingga uji sondir harus dilakukan terus menerus supaya tidak terjadi kesalahan ketika membuat pondasi.

Masa berlaku SLF 5 tahun untuk bangunan non-rumah tinggal dan 10 tahun untuk bangunan rumah tinggal. Sebelum masa berlaku habis, pemilik gedung harus mengajukan kembali permohonan perpanjangan SLF. Permohonan dilengkapi laporan hasil Pengkajian Teknis Bangunan Gedung oleh pengkaji teknis dari pengembang yang memiliki Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB) bidang Pengkaji Bangunan. SLF itu sendiri merupakan syarat wajib yang harus dimiliki bangunan sebagai bukti bahwa bangunan tersebut telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis/fungsi.

Sertifikat tersebut diterbitkan untuk menyatakan bahwa bangunan tersebut laik fungsi secara administratif dan secara teknis pemanfaatan. Dokumen SLF dibutuhkan untuk perumahan murah bersubsidi sebagai acuan perbankan dalam menyalurkan kreditnya. Sebelum masa berlaku SLF habis, maka harus diajukan kembali permohonan perpanjangan SLF, dengan dilengkapi laporan hasil pengkajian bangunan gedung (yang harus dibuat oleh pengkaji yang memiliki Izin Pelaku Teknis Bangunan/ IPTB). Pemeriksaan secara berkala bangunan gedung harus dilakukan oleh pemilik dan/atau pengguna bangunan gedung dan dapat menggunakan penyedia jasa pengkajian teknis bangunan gedung yang memiliki sertifikat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Bangunan gedung yang telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi dan fungsi penggunaannya sesuai dengan IMB, diberikan SLF.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *